Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Lampung raih Sertifikasi Zona Integritas (ZI) dari Wakil Presiden

Kategori: Kegiatan Pengadilan Ditayangkan: Selasa, 10 Desember 2019 Ditulis oleh Administrator

 

PN Gns~~ Pengadilan Tinggi Tanjungkarang-Lampung berhasil meraih penghargaan sebagai Unit Kerja yang mampu mendorong pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).



Penghargaan tahunan ini diberikan pada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Tahun ini terdapat 62 kantor pengadilan di bawah Mahkamah Agung yang terdiri dari Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri, Pengadian Agama, Pengadilan Agama dan Pengadilan Tata Usaha Negara. menerima sertifikasi ZI tersebut. Adapun Pengadilan Tinggi  Tanjungkarang merupakan satu-satunya pengadilan bahkan unit kerja penerima penghargaan ZI di wilayah Lampung.


Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pagi tadi kepada Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang H. Charis Mardianto SH,MH.

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada para peraih penghargaan atas keberhasilannya membangun zona integritas di lingkungan unit kerja strategis,” ujar Ma’ruf saat memberikan sambutan di Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12).

Ma’ruf menuturkan Prinsip integritas di instansi pemerintah dan kelembagaan negara lainnya dinilai penting karena dapat mencegah penyimpangan kewenangan dan perilaku koruptif.

“Semakin baiknya integritas birokrasi maka akan memperkuat _public trust_ dalam pelayanan publik kepada masyarakat,” katanya.

Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang menyampaikan rasa syukur dan terimaksih kepada jajaran Pengadilan Tinggi Tanjungkarang dan seluruh jajaran Pengadilan Negeri diwilayah Lampung. "Syukur Alhamdulillah ini adalah bukti kesungguhan jajaran Pengadilan Tingggi Tanjungkarang dan jajaran Pengadilan Negeri se-wilayah Lampung. Karena dukungan mereka semua maka pengakuan dan prestasi ini diraih. InsyaAllah tahun depan seluruh unit kerja Pengadilan Negeri diwilayah Lampung akan meraih sertifikasi Zona Integritas" tegas Charis sambil mengangkat plakat penghargaan diiringi tepuk tangan bergemuruh ratusan tamu dan undangan yang hadir. 

Mendampingi Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang terlihat Dr Ridwan Mansyur, SH.MH selaku Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang yang juga adalah Ketua Tim ZI PT Tanjungkarang bersama Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, SH.MH. Hakim Tinggi PT Tanjungkarang yang sekaligus Sekretaris Tim Reformasi Birokrasi Pengadilan Tinggi Tanjungkarang menyatakan komitmen untuk meningkatkan pelayanan dan terus berkomitmen mewujudkan Wilayah Bebas korupsi Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lampung. "Komitmen lembaga Mahkamah Agung untuk terus bersih dan profesional adalah jiwa raga. Hari ini Pengadilan Tinggi Tanjungkarang kembali membuktikannya, Alhamdulillah", ucap Ridwan yang juga merupakan Sekretaris Umum Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia itu.

Adapun Dewi menambahkan akan berkomitmen mewujudkan seluruh jajaran Pengadilan Negeri di Lampung meraih Zona Integritas tahun depan. "Harusnya tahun ini ada 3 Pengadilan Negeri di wilayah Lampung : PN Tanjungkarang, PN Metro dan PN Gunung Sugih yang bisa meraih ZI, akan tetapi kemarin masih ada sedikit dinilai ada kekurangan administratif. Moga ini jadi tantangan sehingga tahun depan seluruh unitboengadilan negeri di wilayah lampung bisa meraih ZI" tegas Dewi yang juga Pengurus Pusat Ikatah Hakim Indonesia tersebut.


Selain jajaran Mahkamah Agung, penghargaan juga diberikan Pemrintah kepada Jaksa Agung dengan 55 unit penghargaan, Menteri Keuangan dengan 149 unit penghargaan, Menteri Hukum dan HAM dengan 43 unit penghargaan. (SA)

Dilihat: 42