Sejarah

Kategori: Tentang Pengadilan Ditayangkan: Senin, 30 Maret 2015

PERJALAN PENGADILAN NEGERI GUNUNG SUGIH

Pengadilan Negeri Gunung Sugih diresmikan pada tanggal 6 Desember 2004 oleh Bapak Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang pada saat itu dijabat oleh Bapak Prof. Dr. H. BAGIR MANAN, SH.MCL yang dipusatkan di Menggala, bersamaan dengan 3 Pengadilan Negeri lainnya yaitu Pengadilan Negeri Menggala, Pengadilan Negeri Sukadana dan Pengadilan Negeri Blambangan Umpu.

Pada tanggal 10 Desember 2004. Ketua Pengadilan Negeri Gunung Sugih, Bapak BAHURI, SH. mengambil sumpah dan melantik Bapak ADI ISMET, SH. sebagai wakil Ketua Pengadilan Negeri Gunung Sugih, Bpk. Drs. H. ASMAR JOSEN, SH.,MH. sebagai Panitera Sekretaris, Bapak MIZIKRI sebagai Panitera Muda Pidana, Ibu RUSDIANA, SH. sebagai panitera Muda Hukum, Bpk. HATTA THALIB, SH. MH sebagai Panitera Muda Perdata dan 2 orang Panitera Pengganti yaitu Bapak SUKARSONO.S dan Ibu YANITA SUVIRDA, SH., sehingga pegawai yang ada seluruhnya hanya 8 orang sudah termasuk Ketua Pengadilan Negeri Gunung Sugih dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Gunung Sugih.

Pada saat peresmian Ketua Mahkamah AgungRI dalam sambutannya menghimbau kepada Kepala Daerah yang kebetulan didaerahnya diresmikan Pengadilan Negeri agar dapat membantu untuk berjalannya operasional pada Pengadilan Negeri tersebut.

Dengan bermodalkan himbauan tersebut, Bapak Ketua Pengadilan Negeri Gunung Sugih dan Bapak Panitera Sekretaris memberanikan diri menemui Bapak Bupati Lampung Tengah pada saat itu dijabat oleh Bapak ANDI ACHMAD SAMPURNA JAYA agar dapat membantu berjalannya operasional kantor Pengadilan Negeri Gunung Sugih.

Dan syukur Alhamdulillah, Bapak Bupati berkenan merealisasikan bantuannya yaitu . 1 (satu) buah kendaraan roda 4, AVANZA NO POL BE 2103 GZ, 2 (dua) buah kendaraan roda 2, Motor Honda WIN, Uang tunai sejumlah Rp.50.000.000,- (lima puluh juta rupiah), dan sudah direalisasikan sejumlah Rp.35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah).

Sedangkan sisa bantuan yang sejumlah Rp.15.000.000,- (lima belas juta rupiah) tidak direalisasikan karena tahun 2006 sudah turun DIPA dari Mahkamah Agung, selain itu dibantu pula dengan 7 (tujuh) orang honorer yaitu . 1. IRHAM GANI (Alm). 2. AHMAD SYAIFUL. 3. HENDI FERIYANTO. 4. ERWIN WIDIARTO. 5. ZIKRIL HAKIM 6. FERI AFRIZA. 7. SELAMET RAHARJO.

Pada saat ini FERI AFRIZA dan SELAMET RAHARJO sudah diangkat sebagai PNS. Karena mobil AVANZA yang disiapkan untuk Kepala Kantor pada saat konvooi MUSPIDA sering tertinggal, maka pada tahun 2006 Pemerintah Daerah kembali memberi bantuan berupa Mobil INOVA BE 4 G tahun pembuatan 2005.

Pengadilan Negeri Gunung Sugih saat ini belum seberuntung Pengadilan Negeri Sukadana dan Pengadilan Negeri Menggala yang telah memperoleh Perluasan bangunan, 2 bangunan baru Mushola dan ruang pengacara, Jaksa dan Polisi ada disebelah kanan adalah bantuan dari Pemerintah Daerah. Karena bertambahnya kebutuhan banyak ruang maka ruang yang ada diubah fungsinya, misalnya ruang pertemuan di pakai untuk ruang hakim, ruang ganti hakim semula untuk ruang wakil Sekretaris sekarang untuk ruang keuangan, ruang mushola dan 2 kamar mandi diubah fungsi untuk ruang PP, ruang Pengacara, Jaksa dan Polisi diubah menjadi ruang hukum, ruang barang bukti, ruang kepegawaian dan ruang berkas. Mengingat sempitnya bangunan, sampai saat ini belum dapat disiapkan secara khusus ruang sidang anak, ruang mediasi, serta ruang tahanan wanita dan anak.

Rumah Dinas pada tahun 2002 hanya ada 2, pada tahun 2006 ditambah 5 unit dan tahun 2007 ditambah 2 unit dan sudah ada pagar keliling. Rumah dinas tersebut diisi oleh para hakim, 1 panitera pengganti dan 1 jurusita. Pada tahun 2008 ditambah 2 rumah lagi yaitu 1 rumah Ketua dan 1 rumah wakil ketua.

Pada awal berdirinya banyak jabatan yang semula kosong seperti Wakil Panitera, wakil Sekretaris, Kaur Kepegawaian, Kaur Umum dan Kaur Keuangan. Kemudian satu persatu jabatan itu terisi. Selanjutnya pada Oktober 2008, Bapak Martono Udjianto R.,SH. Sebagai Wakil Sekretaris pertama Di PN Gunung Sugih karena mutasi beralih menjadi Widya Iswara maka jabatan Wakil Sekretaris kosong dan kemudian diisi oleh LINDA MALIK. SE yang sebelumnya menjabat Kaur Keuangan. Demikian pula dengan Kaur Kepegawaian juga menjadi Widya Iswara sehingga jabatan Kaur Keuangan dan Kaur Kepegawaian kosong.

Pada pemeriksaan yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Tanjungkarang pada tahun 2006 dari 4 Pengadilan yang diresmikan pada tanggal 6 Desember 2004 secara lisan Pengadilan Negeri Gunung Sugih dinyatakan sebagai salah satu yang terbaik.

Dilihat: 805